Langsung ke konten utama

Racun Binatang Ini Ternyata Dapat Menguntungkan Indonesia



Sumber foto: planetdeadly.com

Kalajengking merupakan binatang yang berbahaya. Ia begitu menakutkan karena bila terkena sengatan beracunnya, korban akan merasakan sakit bahkan beberapa kasus ada yang sampai meninggal dunia. Walaupun berbahaya, ternyata racun kalajengking berpotensi untuk menguntungkan agrobisnis tanaman karet, bagaimana caranya?


Radite Tistama pada 3 Mei 2018 selaku peneliti karet di Pusat Penelitian Karet (Puslitkaret) mengatakan, agrobisnis perkebunan karet akan sangat menguntungkan jika mengembangkan tanaman karet yang menghasilkan zat-zat khusus yang berguna dalam industri obat-obatan.

Cara agar pohon karet menghasilkan zat-zat khusus yang bermanfaat bagi industri obat-obatan adalah dengan mencangkok/menyisipkan gen khusus yang salah satunya berasal dari racun kalajengking. Dengan menyisipkan gen khusus racun kalajengking ke tanaman karet maka pohon karet juga akan menghasilkan getah karet yang mengandung racun kalajengking.

Radite kemudian menjelaskan metode pencangkokkannya. Pertama adalah memisahkan gen khusus yang tedapat pada racun kalajengking. Setelah terpisah, gen khusus tersebut kemudian dicangkok/disisipkan ke sel-sel pembuluh getah pada kulit pohon karet. Dalam rentang waktu tertentu, sel-sel pembuluh getah karet akan menghasilkan racun kalajengking hingga akhirnya racun kalajengking yang terdapat di dalam getah karet dipanen dengan cara disadap.

Metode penyisipan gen pada pohon karet ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan zat-zat berkhasiat lainnya. Radite Tistama mengatakan metode ini telah digunakan di China untuk memproduksi massal zat yang terdapat pada jaring laba-laba.

Jadi, jika menilik harga racun kalajengking yang bernilai Rp145 miliar per liter berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo pada perhelatan Musrenbangnas 2018; maka Anda dapat membayangkan berapa besar industri perkebunan karet Indonesia memperoleh untung jika melakukan pencangkokan racun kalajengking ke pohon karet.


REFERENSI

Komentar

  1. Sangat bermanfaat informasinya mas

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfatt makasi yaa

    BalasHapus
  3. Entar gw mau ternak kalajengking ah biar kaya

    BalasHapus
  4. Infonya sangat berguna makasih yoo

    BalasHapus
  5. Informasinya bagus, thanks

    BalasHapus
  6. Informatif sekali tulisannya Naufal

    BalasHapus
  7. Racun bisa jadi obat, menarik!

    BalasHapus
  8. Wah baru tau! Terima kasih infonyaaa

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya bermanfaat nih keren

    BalasHapus
  10. Wow! bermanfaat nih infonya. Thanks for sharing it~

    BalasHapus
  11. Wah bermanfaat sekali,ternyata bukan cuma berbahaya namun juga bermanfaat

    BalasHapus
  12. terimakasih nih tulisannya, nambah wawasan baru nih

    BalasHapus
  13. Baru tau racun ada untungnya

    BalasHapus
  14. Baru tau racun ada untungnya

    BalasHapus
  15. Paket Peninggi Badan juga ada dari perusahaan kami. produk unggulan lainya selain pelangsing. PIN:D778B048 WA:081322071239 https://t.co/Mwm9JLDe3w

    BalasHapus
  16. Terimakasih info nya mudah mudahan kedepan nya ada yg mau ternak kalajengking
    Biar saya yg mencari nya, dan kalo ada yang butuh kalajengking untuk keperluan ternak hubungi saya no wa 087878190482 di catat ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Sinopsis Novel Assassin's Creed: Brotherhood

Sumber gambar : Wallpaper-House.com Novel Assasin's Creed Brothehood ini bercerita setelah peristiwa yang terjadi pada seri novel sebelumnya yang berjudul Assassin's Creed: Renaissnace. Cerita bermula ketika Ezio Auditore da Firenze pergi dari tempat penyimpanan di Vatikan seusai mendengarkan pesan dari hologram Minerva, saat itu ia menyadari bahwa Rodrigo Borgia atau lebih dikenal sebagai Paus Alexander VI yang juga merupakan anggota Templar, sudah pergi dari tempat itu meninggalkan Apple of Eden. Ezio lalu bergegas pergi sembari membawa Apple of Eden yang ditinggalkan oleh sang Paus. Apple of Eden sendiri merupakan sebuah pusaka peninggalan masa peradaban pertama yang memiliki kekuatan magis seperti mengendalikan pikiran manusia, menghilang, membuat ilusi, menggandakan diri, dan melihat masa depan.  Di pintu depan ruang penyimpanan, Mario Auditore (paman dari Ezio) sudah menunggu. Ezio dan Mario kemudian bertarung melawan para tentara di sepanjang jala

Mengatasi Suara Hilang pada Internet Explorer

Sumber gambar: Softonic Saat ini, berselancar di dunia maya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Dalam mengakses dunia maya, banyak orang menggunakan peramban-peramban populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, walaupun tak jarang pula yang masih menggunakan peramban penuh bug seperti Internet Explorer karena alasan tertentu. Bagi Anda yang masih menggunakan Internet Explorer, mungkin pernah beberapa kali mengalami bug tidak keluarnya suara saat memainkan audio atau video melalui peramban ini. Hal ini tentunya sangat mengesalkan terlebih bila audio dan video yang sedang diputar merupakan bagian dari pekerjaan penting. Maka dari itu, berikut kami sajikan langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut. 1. Periksa Apakah Suara pada Internet Explorer Telah Diaktifkan Pertama, buka Internet Explore. Kemudian tekan “ALT + T” atau klik “Tools”, lalu pilih “Internet options”. Setelah jendela Internet Optio